indraip

Wordprees

Ribuan Hektar Lahan Sawah di Labura Jadi Kebun Sawit

Tinggalkan komentar


Labura ( Kabupaten Labuhanbatu Utara )

MedanBisnis – Aekkanopan. Ribuan hektar lahan sawah di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) telah mengalami konversi ke tanaman kelapa sawit. Seperti halnya di Kecamatan Kualuh Leidong dan Kualuh Hilir
Berdasarkan data di Dinas Pertanian Kabupaten Labura tahun 2010 luas lahan sawah di Labura mencapai 29 ribu hektar dan 15 ribu hektar diantaranya berada di Kecamatan Kualuh Hilir dan 8.000 hektar di Kualuh Leidong. Dan, sekarang ini diperkirakan tidak seluruhnya lagi menjadi lahan sawah melainkan sudah berubah menjadi tanaman kelapa sawit.

Dari hasil pengamatan MedanBisnis ke dua kecamatan tersebut, tanaman kelapa sawit sudah banyak ditemukan di lahan sawah bahkan di antara kelapa sawit yang baru ditanam di sela-sela tanaman kelapa sawit tersebut masih ditanami padi.

Menurut beberapa sumber di daerah tersebut, warga di daerah itu mulai menanam kelapa sawit sejak lima tahun terakhir. Dan sebahagian kecil sudah ada yang memanen hasil sawitnya. “Sejak lima tahun terakhir ini sudah banyak yang mengganti tanaman padinya dengan tanaman kelapa sawit, bahkan sebagian dari mereka sudah ada yang panen,” jelas Ketua Gapoktan Desa Sei Apung, Kecamatan Kualuh Hilir, MD Tamba.

Masyarakat lanjutnya, lebih tertarik menanam sawit apalagi harga sekarang jual TBS lumayan menjanjikan ketimbang padi yang hanya sekali setahun, itupun selalu merugi.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kesejahteraan Masyrakat (LKKM- Labura) Kabupaten Labura, Daniel Marbun kepada MedanBisnis, Senin (17/1), mengatakan ada beberapa faktor yang mendorong para petani lebih tertarik menanam kelapa sawit ketimbang padi.

Pertama, tahun demi tahun produksi padi petani semakin berkurang. Bhkan bila dihitung biaya produksinya tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. Ini tidak terlepas akibat dari minimnya infrastruktur pertanian seperti irigasi, jalur transportasi, pupuk mahal dan langka serta harga yang selalu rendah setiap musim panen tiba. Sehingga membuat petani selalu merugi.

Kedua, lanjutnya, melihat perkembangan perekonomian dari sektor kelapa sawit terlebih harga untuk beberapa tahun ini lumayan menjanjikan mendorong masyarakat untuk menanam kelapa sawit.

Sekalipun pemerintah telah membuat undang-undang maupun peraturan, seperti  UU No 41 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lahan Pertanian yang di dalamnya terdapat sanksi bagi petani yang melakukan alih fungsi, menurutnya UU tersebut tidak lah sepenuhnya menjadi jaminan untuk menghempang animo masyarakat untuk tidak melakukan konversi lahan pertaniannya.

Tetapi pemerintah harusnya lebih jeli melihat akar permasalahan yang dialami petani selama ini, yaitu petani padi kurang mendapat motivasi pemerintah, baik dari aspek pelayananannya, jaminan harga serta bantuan lainnya.

Dalam mengantisipasi hal ini, Plt Kepala Dinas  Pertanian, Paimin, melalui kabid Pertanian, Tarman, kepada MedanBisnis, Senin ( 17/1) di Kualuh Selatan, mengatakan, ada sekitar 3.000 hektar lebih lahan sawah di Labura khususnya di Kualuh Hilir dan Leidong mengalami alih fungsi ke tanaman sawit. Sedangkan lahan sawah yang masih produktif untuk ditanam padi sekitar 26.000 hektar lagi,” jelas Tarman.

Untuk mengantisipasi konversi tersebut, Bupati Labura, H Kharuddin Syah Sitorus, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur baik jalan maupun irigasi yang salah satunya membangun TAM ( tata Air Mikro) serta akan meningkatkan pelayanan kepada petani berupa bantuan diantaranya, BLBU ( Bantuan Langsung Benih Unggul), BLP (Bantuan Langsung pupuk) dan bantuan lainnya baik yang bersumber dari APBN maupun APBD propinsi. (ck 12).

Penulis: indraip

I will learn about history? because I love history and want to know how our forefathers in the days of yore

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s